Rapid Test Antigen Jadi Syarat Perjalanan, Antrean Panjang Terjadi di Stasiun Senen

oleh -18.164 views
Antrian penumpang (Foto: Istimewa)
Antrian penumpang (Foto: Istimewa)
Bagikan:

Jakarta – Mulai hari ini, rapid test antigen menjadi syarat wajib untuk perjalanan kereta api jarak jauh. Hal ini membuat para calon penumpang kereta api mendatangi stasiun-stasiun keberangkatan untuk melakukan tes tersebut. Akibatnya terjadi antrean panjang di sejumlah stasiun.

Seperti yang terjadi di stasiun Senen, Jakarta Pusat, Senin (21/12/20). Kepala Stasiun Senen Dananjaya membenarkan terjadi antrean panjang itu.

Ia menyebut antrean itu terjadi karena aturan baru yang mewajibkan penumpang Kereta Api Jarak Jauh untuk memiliki bukti telah melakukan rapid test antigen dengan hasil nonreaktif.

Dia juga mengatakan, atrean panjang tersebut terjadi sejak Minggu kemarin. “Justru lebih ramai kemarin. Kemarin yang tes sampai 2.000 orang. Hari ini baru 1.000,” ujar Dananjaya.

READ  Tekan Penularan COVID-19, Risma Minta Warga Surabaya Tak Rayakan Tahun Baru

Sementara itu di Stasiun Gambir Selasa (22/12/20), kepadatan sudah terjadi sejak pukul 5.30 WIB pagi meskipun test tersebut dibuka pukul 7.00 WIB. Pada siang ini antrean sudah mencapai sekitar 1000 orang.

Antrean terbagi dalam 3 barisan berbeda, pertama untuk mengambil nomor antrean, kemudian pembayaran dan terakhir menunggu untuk tes.

PT KAI mewajibkan setiap pengguna jasa kereta api jarak jauh di Pulau Jawa untuk menunjukkan hasil negatif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan rapid test antigen sebagai syarat untuk naik kereta api.

Aturan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021.

Kebijakan tersebut berlaku mulai 22 Desember 2020 sampai 8 Januari 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *