Pelatih Ansan: Tak Kalah dengan Pemain Korea, Asnawi Bisa Miliki Karier Lebih Baik di K-League

oleh -7.873 views
Asnawi Mangkualam saat menjalani sesi wawancara bersama media lokal Korea Selatan, Rabu (17/2/2021). (Foto: Sports-G)
Bagikan:

Jakarta – Pelatih Ansan Greeners, Kim Gil Sik menyebut, penampilan pemain muda Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar tak kalah dengan pemain Korea. Diketahui, Asnawi diturunkan untuk melawan Yangpyeong pada Minggu (28/3/2021).

“Asnawi tidak kalah dengan pemain Korea dalam hal kecepatan dan daya juang. Saya pikir itu akan menunjukkan tampilan yang lebih baik di masa mendatang,” kata Kim Gil Sik dikutip dari sport-g.com.

READ  Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir Sabet Gelar Juara Dunia Kedua

Asnawi sendiri dimainkan sebagai starter saat Ansan menang 1-0 atas tim kasta keempat Korea Selatan (Korsel), Yangpyeong FC. Dalam pertandingan ini, ia ditempatkan pada posisi favoritnya, yakni bek kanan, dan berlaga selama 90 menit.

Meskipun Asnawi disebut tidak kalah dengan pemain Korsel, namun ia masih membutuhkan kerja keras untuk beradaptasi dengan pemain Korsel lainnya.

Kim Gil sik mengatakan, Asnawi akan lebih baik dari pemain seperti Luong Xuan Truong (pemain Vietnam di Korsel) jika mampu menyesuaikan dalam hal kecepatan dan fisik dengan rekan satu timnya. Bahkan jika hal itu terjadi, ia dapat memiliki karier yang lebih baik di K-League di masa depan.

READ  Berdasarkan Data, Juventus Lebih Superior di Kandang AC Milan

“Sejujurnya, saya berusaha untuk tidak terlalu membebani Asnawi. Jelas terlihat Asnawi merasa terbebani. Kami juga bukan tim yang kuat, tapi kami ingin stabil. Di sisi lain, sifat Asnawi yang agresif. Kecenderungan yang kuat untuk menjadi agresif,” ucap Kim Gil Sik.

Sebagai informasi, Asnawi merupakan pemain Indonesia pertama yang tampil di laga kompetitif bersama klub Korsel. Ia menandatangi kontrak selama satu tahun dengan opsi perpanjangan bersama Ansan pada 19 Januari 2021 lalu. Di Ansan, ia masuk untuk memenuhi kuota pemain ASEAN di Liga Korsel.

READ  Penilaian Casillas Terhadap Kiper AC Milan Terbukti Salah

Dalam laga perdananya di Korsel, terlihat Asnawi masih beradaptasi dengan iklim sepak bola di sana. Pemain 21 tahun itu jarang terlihat melakukan penetrasi ke daerah pertahanan lawan seperti yang kerap dilakukannya bersama Timnas Indonesia U-23 atau PSM.

Selain itu, Asnawi juga tampak bermain dengan sangat hati-hati. Bahkan, ia hanya sesekali melakukan gerakan mengelabui lawan dan kerap dipaksa bekerja keras untuk menutu psektor kanan pertahanan Ansan. (Zak/IJS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *