Jakarta Rawan Banjir, Pemprov DKI Targetkan 300 Ribu Sumur Resapan

oleh -1.025 views
Ilustrasi pembangunan sumur resapan di Jakarta. (Foto: CNN Indonesia)
Bagikan:

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan pembangunan 300 ribu sumur resapan atau drainase vertikal sepanjang 2021 hingga 2022. Pembangunan ini sebagai salah satu upaya menghadapi banjir.

Kepala Dinas Sumber Daya Alam (SDA) DKI Jakarta, Juani Yusuf mengatakan, recananya pembangunan 300 ribu titik sumur resapan itu akan menghabiskan anggaran sebesar Rp400 miliar. “Target tahun ini lebih banyak, dibandingkan tahun lalu,” katanya.

Akibat keterbatasan vendor, Dinas SDA DKI mebangun 2.974 sumur di 778 lokasi pada tahun 2020. Berbeda dengan tahun lalu hanya dua vendor, kini Dinas SDA menggandeng 100 vendor.

Sumur resapan ini dianggap efektif dalam menghadapi bencana banjir. Menurutnya, beberapa lokasi yang sering tergenang kini mulai berkurang karena terdapat sumur resapan.

“Seperti di depan Kantor Kecamatan Jatinegara biasanya ada genangan. Namun, sekarang genangan tersebut hilang karena airnya lari ke sumur resapan,” jelasnya.

READ  Ririe Fairus: Saya Rela Lepas Ayus, Asal Dia Bahagia

Sementara itu, beberapa warganet berharap program ini bukan sekadar wacana pemerintah saja. Akun twitter @jnessy_ mengatakan, sebenarnya rencana tersebut terlalu ambisus karena jangka waktu yang pendek. Jika sesuai dengan rencana pemerintah, maka dalam satu hari harus selesai minimal 410 sumur.

“Wacana di hari ke berapa nih?” tulis @dbrahmantyo.

“Saya tidak yakin dengan program ini, sebab air hujan datang dengan deras. Jadi, lebih efektif mengalihkan air tersebut dengan pembuatan waduk atau penampungan air,” tulis @eddybroadcaster.

“Kalau sumurnya penuh, tetep aja airnya meluap juga. Aduh menghabiskan anggaran aja,” tulis @HendraG90700407.

Berdasarkan tangkapan Sciograf pada Rabu (24/02/2021) pukul 10.00 WIB, postingan yang dirilis CNN Indonesia ini mendapat share count alias telah dibagikan sebanyak 49 kali dan 1.147 komentar. Selain itu berita tersebut mendapat 1.742 reaction dan 2.938 engagement.

Sciograf adalah layanan Big Data dengan teknologi end to end encryption, yang terdiri dari web/robot crawler, indexing/clustering dan analisis berbasis teknologi big data.

Sciograf dapat memenuhi kebutuhan data terkini dengan keluaran data bervolume sangat besar dan berkecepatan tinggi serta menghubungkan data dengan berbagai format. (CNC/IJS)

READ  5 Tempat Terpanas di Dunia yang Bikin Bersyukur Tinggal di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *