Disindir Amien Rais, Jokowi Ungkap Tak Inginkan Jabat Presiden Tiga Periode

oleh -3.760 views
Presiden Jokowi memberikan sambutan virtual dalam Konferensi Tingkat Tinggi Climate Adaptation Summit (KTT CAS) 2021, Senin (25/01/2021). (Foto: Biro Pers Setpres)
Bagikan:

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, tak memiliki niat untuk menjabat presiden selama tiga periode. Ia mengatakan, akan tetap mentaati Undang-undang Dasar 1945 yang mengatur mengenai masa jabatan presiden selama dua periode.

“Saya tegaskan sekali lagi, saya tak memiliki niat sama sekali untuk menjadi presiden tiga periode. Menurut UUD 1945 sudah jelas dan mengamanatkan dua periode untuk jabatan presiden. Hal tersebut harus kita jaga bersama-sama,” ujar Jokowi melalui keterangan pers, Senin (15/3/2021).

Mantan Wali Kota Solo itu menuturkan, tak perlu lagi mempermasalahkan isu mengenai tiga periode jabatan presiden. Ia mengaku akan terus sejalan dengan konstitusi. “Sudah berulang kali saya katakan. Sikap saya juga tak akan berubah,” tutur Jokowi.

Ia juga mengingatkan di masa pandemi ini seharusnya seluruh pihak mencegah kegaduhan agar bisa cepat terselesaikan.

“Saya ingatkan, semua masyarakat tak boleh membuat kegaduhan baru. Saat ini, kita bersama-sama sedang fokus pada penanganan pandemi Covid-19,” katanya.

Di sisi lain, Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman mengatakan, Jokowi tak akan ingkar janji mengenai aturan jabatan presiden dua periode. Ia mengatakan, Jokowi, sosok yang memegang janjinya.

“Presiden dan Wakil Presiden akan selalu memegang jabatan selama 5 tahun. Untuk setelahnya, dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan. Sudah itu saja,” tandas Fadjroel.

Sebagai informasi, wacana presiden tiga periode ini muncul, saat Pendiri Partai Ummat, Amien Rais menggaungkan pendapatnya melalui akun Instagram pribadinya, pada Sabtu (13/3/2021). Mantan Petinggi PAN itu merasa curiga sejumlah pihak akan menerbitkan aturan baru mengenai masa jabatan presiden tiga periode.

Memang sebelumnya, wacana tersebut sempat mencuat pada akhir 2019 lalu. Pernyataan tersebut keluar dari Fraksi Partai NasDem di DPR RI.

READ  Eti Kurniawati, Perempuan Kristen Pertama Mengajar di MAN Tana Toraja

(FWI/IJS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *